Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad


Profil Penerus Perdana Menteri Inggris Baru, Liz Truss

Profil Penerus Perdana Menteri Inggris Baru, Liz Truss Tribune.id- Liz Truss terpilih Perdana Menteri (PM) Inggris pengganti Boris Johnson...


Profil Penerus Perdana Menteri Inggris Baru, Liz Truss

Tribune.id- Liz Truss terpilih Perdana Menteri (PM) Inggris pengganti Boris Johnson. Wanita berusia 47 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris.



Dilansir dari BBC pada Senin (06/09/2022), Truss mengungguli lawannya eks Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak dalam pemungutan suara para anggota parlemen Partai Konservatif (Tory). Dia mendapatkan 81.326 suara dan Rishi Sunak 60.399 suara, dilansir dari detik pada Selasa (06/08/2022).



Berikut profil Liz Truss:

  • Usia: 47 tahun
  • Tempat lahir: Oxford
  • Rumah: London dan Norfolk
  • Pendidikan: Roundhay School di Leeds, Universitas Oxford
  • Keluarga: Menikah dengan akuntan Hugh O'Leary, memiliki dua putri remaja
  • Konstituensi parlementer: Norfolk Barat Daya


Perempuan dengan nama asli Mary Elizabeth Truss lahir di Oxford pada tahun 1975. Liz Truss mengatakan ayahnya, seorang profesor matematika, dan ibunya, seorang perawat, sebagai orang-orang berpaham 'kiri'.



Truss berhasil masuk Universitas Oxford. Di universitas itu dia belajar filsafat, politik, dan ekonomi serta aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Partai Demokrat Liberal.



Liz Truss meraih kesempatan untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris.



Terdapat cerita menarik yang ia alami sewaktu kecil. Pada umurnya yang ketujuh tahun, Liz Truss mendapatkan peran sebagai Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya. Tetapi tidak seperti Liz Truss dewasa, sang perdana menteri, yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, ia kalah dalam pemilihan tersebut.



Liz Truss mengenang momen itu bertahun-tahun kemudian. "Saya menyabet kesempatan (untuk menjadi Thatcher) dan memberikan pidato dengan sungguh-sungguh saat kampanye, tapi berakhir dengan nol suara. Saya bahkan tidak memilih diri saya sendiri," ungkap Truss.



Namun, siapa sangka tiga puluh sembilan tahun kemudian, Liz Truss dapat meriah mimpi tersebut untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri Inggris.



( Gambar: Reuters )





Tags: Perdana Menteri Inggris, Liz Truss, Boris Johnson

Reponsive Ads