Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad


Hari ini Diperingati Sebagai Hari Kucing Sedunia, Sejak Kapan Kucing Jadi Sahabat Manusia?

Hari ini Diperingati Sebagai Hari Kucing Sedunia, Sejak Kapan Kucing Jadi Sahabat Manusia?  Tribune.id- Setiap tanggal 8 Agustus diperingati...

Hari ini Diperingati Sebagai Hari Kucing Sedunia, Sejak Kapan Kucing Jadi Sahabat Manusia? 


Tribune.id- Setiap tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia, dirayakan demi merayakan persahabatan antara kucing dengan manusia.



Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan manusia, selain anjing, burung, hamster, dan masih banyak lagi. Kucing kini atau kucing rumahan, bisa leluasa hidup enak di dalam rumah.



Sudah tersedia makanan, tempat pembuangan bersih juga disiapkan, dan kucing bisa bebas berkeliaran di dalam rumah untuk bermalas-malasan, bermain, kemudian tidur di sofa atau tempat tidur milik manusia.



Layaknya hewan peliharaan yang lain, dulunya kucing juga hewan liar yang hidup di alam bebas, tidak mengenal persahabatan dengan manusia. Kemudian kapan kucing mulai jadi hewan domestik? Sejak kapan kucing mulai berteman dengan manusia?



Melansir dari kompas pada Senin (08/08/2022), penelitian demi penelitian dilakukan. Ilmuwan akhirnya menemukan benang merah bahwa persahabatan manusia dan kucing sudah berlangsung lebih lama. Sekitar belasan ribu tahun, tidak hanya 1.500 tahun. Ilmuwan yakin, 12.000 tahun lalu, sudah terjadi proses peleburan antara dunia kucing dan manusia, yaitu melalui jalur pertanian di Timur Tengah.



Diyakini anjing lebih dahulu jadi hewan yang bersahabat dengan manusia, dibandingkan dengan kucing.Di zaman dahulu ketika manusia harus bertahan hidup dengan nomaden dan berburu, anjing sudah digandeng untuk dijadikan membantu manusia berburu bahan-bahan makanan.



Sedangkan kucing, baru mulai berdekatan dengan manusia ketika manusia sudah tidak lagi hidup berpindah-pindah, alias sudah menetap di satu area dan mengenal kehidupan bercocok tanam.



Saat manusia bercocok tanam dan menyimpan gandum dan biji-bijian di dalam lumbung, maka datanglah tikus sebagai hama. Di masa inilah, manusia berpikir untuk mencari bantuan kucing sebagai senjata alami mengusir tikus.





( Gambar: Pinterest )



Tags: hari kucing sedunia 2022, hari kucing Indonesia, hari kucing di jepang

Reponsive Ads