Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad


BI Rilis Uang Baru Tahun Emisi 2022

BI Rilis Uang Baru Tahun Emisi 2022 Tribune.id- Bank Indonesia (BI) resmi merilis uang baru rupiah tahun emisi 2022. Uang versi terbaru da...


BI Rilis Uang Baru Tahun Emisi 2022


Tribune.id- Bank Indonesia (BI) resmi merilis uang baru rupiah tahun emisi 2022. Uang versi terbaru dari tujuh pecahan mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 100.000.


Uang baru TE 2022 menampilkan gambar delapan pahlawan nasional di bagian depan dan tema kebuadayaan Indonesia (gambar tarian, lingkungan alam, dan flora) di bagian belakang sebagaimana uang tahun emisi 2016.


BI menuturkan, ada tida aspek inovasi penguatan uang tahun emisi 2022, yaitu desain warna lebih tajam, komponen pengamanan yang lebih andal, dan ketahanan uang lebih baik, dilansir dari CNN Indonesia pada Kamis (18/08/2022).



"Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan," terang BI lewat laman resminya, Kamis (18/8).



Untuk masyarakat yang ingin menukarkan uang versi terbaru dapat melakukan penukaran uang tahun emisi 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disajikan Bank Indonesia. Pemesanan penukaran lewat kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui situs https://pintar.bi.go.id.



Aplikasi PINTAR dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai di tanggal 19 Agustus 2022.



Kendati demikian, uang rupiah lama masih akan tetap berlaku. "Pengeluaran uang tahun emisi 2022 tidak berdampak pada pencabutan atau penarikan uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya," imbuh penjelasan BI.




( Gambar: YouTube Bank Indonesia )




Tags: uang kertas yang masih berlaku di Indonesia, tukar uang baru, jadwal penukaran uang di bank indonesia

Reponsive Ads