Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad


Banjir Bandang Pakistan Menewaskan 1.033 Orang

  Banjir Bandang Pakistan Menewaskan 1.033 Orang Tribune.id- Pakistan sedang dilanda bencana banjir bandang yang telah menewaskan 1.033 or...

 Banjir Bandang Pakistan Menewaskan 1.033 Orang


Tribune.id- Pakistan sedang dilanda bencana banjir bandang yang telah menewaskan 1.033 orang sejak Juni lalu. Banjir ini disebakan oleh hujan deras dengan intesitas yang tinggi, seperti yang dilansir pada CNN Indonesia pada Senin (29/08/2022).


Beberapa media setempat menyampaikan banjir saat ini adalah imbas dari musim hujan lebat dari monsun barat berlansung pada akhir Juni sampai September.



Secara keseluruhan curah pada musim hujan yaitu 140 mm selama per tiga bulan, Tetapi Badan Meteorologi Pakistan (PMD) memperlihatkan kenaikan curah hujan sampai 176,9 mm pada 26 Agustus lalu. Jumlah yang naik dua kali lipat dari batas normal.



Melansir dari Indian Express pada Senin (29/08/2022), hujan turun sampai delapan kali lipat dari jumlah normal selama periode ini.



"Pakistan belum pernah melihat siklus monsun yang tak terputus seperti ini. Delapan minggu nonstop telah menyebabkan petak besar negara dalam genangan air," kata Menteri Perubahan Iklim Pakistan, Sherry Rehman, mengutip Al Jazeera pada Senin (29/08/2022).



Sedangkan pakar perubahan iklim, Ali Tauqeer Sheikh, menuturkan bahwa banjir ini disebabkan minimnya perencanaan pembangunan dan perubahan iklim.



Diketahui banjir bandang Pakistan telah membuat empat provinsi terendam banjir. Jalanan hancur dan jembatan hanyut karenanya, sementara pemadaman listrik diberlakukan luas di wilayah Pakistan.



Para pejabat Pakistan mengabarkan banjir tahun ini telah berdampak pada lebih dari 33 juta orang serta sekitar satu juta rumah hancur. Kemudian lebih dari dua juta hektar tanaman budidaya mati.



Pemerintah menanggapi bencana banjir ini dan mengumumkan keadaan darurat dan memobilisasikan militer yang disebut "bencana skala epik".






( Gambar: Reuters )






Tags: pakistan dan india, karachi, pakistan, pakistan banjir

Reponsive Ads