Resensi Film Us: Horor Cerdas Lainnya Jordan Peele

Resensi Film Us: Horor Cerdas Lainnya Jordan Peele

Kamis, 21 Maret 2019, 00.40


Dalam debut penyutradaraannya, Jordan Peele sukses meraih aplaus lewat Get Out (2017). Horor satir itu mengantarkan pria 40 tahun ini menjadi orang ketiga sepanjang sejarah Hollywood yang sukses meraih nominasi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, sekaligus Skenario Asli Terbaik untuk film perdana dalam helatan Academy Awards. Walau gagal membawa pulang Oscar, tapi namanya langsung melejit di kalangan penikmat film. Alhasil, fans menaruh harap besar dalam film terbaru dia, "Us". Dan kita tak dikecewakan.

Doppelgänger. Istilah yang berasal dari Bahasa Jerman ini diartikan sebagai sosok kembaran seseorang yang tidak punya hubungan darah. Kerap dikaitkan dengan unsur mistis atau juga nasib buruk.

Saat masih bocah, Adelaide (Lupita Nyong'o) berjalan masuk ke ruang cermin di wahana hiburan di pantai dekat rumahnya. Tak disangka, dalam 15 menit di ruangan itu, ia mengalami horor. Ia bertemu seorang gadis kecil yang rupanya sama persis dengan dirinya. Kejadian pada 1986 itu, bagi Addy cilik (Madison Curry), tak kalah mengerikan dibanding video klip Thriller Michael Jackson yang tengah berjaya di televisi.

Kini telah dewasa, menikah, dan punya dua anak, Addy ternyata tak bisa melupakan sosok anak kecil itu. Sosok yang belakangan ia temui kembali, dan sama seperti dia, juga sudah memiliki satu suami dan dua anak, dengan fisik sama persis seperti keluarga dia. Keempat doppelgängers itu mendadak hadir di rumah mereka, mengenakan pakaian merah, dengan gunting berwarna emas di tangan. Perjuangan dibunuh atau membunuh pun dimulai.

"Mereka terlihat sama persis seperti kita. Mereka berpikir seperti kita. Mereka tahu kita di mana," bisik Addy dalam ketakutannya.

Selain sebagai sebuah film horor, film ini bisa dibaca juga sebagai kritik sosial Peele atas kondisi negara asalnya, Amerika Serikat. Akronim "US" (dari United States of America) dibaca sama dengan judul filmnya. "Siapa kalian?" tanya Addy dalam salah satu adegan dan dijawab wanita berbaju merah itu," Kami adalah orang Amerika". Kelompok berbaju merah yang brutal dan bisa melakukan pembunuhan dengan wajah tersenyum.

Film ini sesungguhnya menyajikan gambar-gambar klise sebuah film horor. Bagaimana kamera menyorot dari belakang Addy misalnya, dimana kita tahu ada sosok yang tengah mengintai dia. Atau ketika putrinya, Zora Wilson (Shahadi Wright Joseph) berlari menuju hutan, kita juga sudah bisa menduga ada sosok lain yang sudah menunggunya.

Kehadiran karakter kembar, mengingatkan kita pada The Shining (Stanley Kubrick, 1980). Kemunculan 'monster' tak berwajah dan membawa senjata tajam di tangan pada awal cerita, terlihat seperti peran Norman Bates di Psycho (Alfred Hitchcock, 1960).

Tapi film ini, secara keseluruhan, sangat jauh dari klise. Ketegangan yang dibangun sejak awal, sukses membuat penonton duduk gelisah di kursi. Pengambilan gambar yang disajikan Mike Gioulakis, yang juga sinematografer Glass (M. Night Shyamalan, 2019), apik. Salah satu seperti yang terlihat dalam trailer, adegan berjalan di pantai yang disorot dari udara misalnya. Bahkan pilihan melakukan split-focus ketika Addy manusia nyata dan bayangannya sedang berdialog, membuat suasana makin kelam. Di departemen suara, Peele kembali menggandeng Michael Abels. Jauh lebih baik dibanding Get Out, Us menyajikan kompilasi musik yang lebih beragam dan lebih menyayat.

Ada dua kejutan utama di film ini. Pertama, dialognya. Bagaimana horor semengerikan ini bisa memasukkan kalimat-kalimat yang mengundang tawa. Kedua, tentu saja twist di akhir kisah.

Dalam salah satu sesi wawancara, Peele menyebut cerita tentang double-person ini terinspirasi dari episode Mirror Image dari serial televisi, Twilight Zone (1959-1964). Serial yang di-remake di 2019 ini, dimana Peele menjadi eksekutif produsernya.

Film ini tayang perdana di Festival South by Southwest (SXSW) di Texas pada 8 Maret lalu. Di Amerika, film ini baru akan tayang di bioskop pada 22 Maret besok. Di Indonesia, horor cerdas ini sudah bisa ditonton mulai hari ini.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar :Gatra.com
Sumber : Gatra.com

TerPopuler