Ganjar: Suka Cita Apel Kebangsaan, Seperti Inilah Seharusnya Indonesia

Ganjar: Suka Cita Apel Kebangsaan, Seperti Inilah Seharusnya Indonesia

Minggu, 17 Maret 2019, 21.57


Apel Kebangsaan Kita Merah Putih digelar, Minggu (17/3/2019). Ribuan masyarakat dari Jawa Tengah dan sekitarnya berkumpul menjadi satu dengan suka cita. 

Sejak pukul 06.00 WIB, para peserta sudah berduyun-duyun ke lokasi acara. Mengenakan pakaian serba merah-putih dan ikat kepala warna yang sama, mereka berkerumun di empat panggung, yakni di Lapangan Pancasila Simpanglima, Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, serta Jalan Pandanaran Kota Semarang. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terlihat memantau lokasi panggung sembari mengayuh sepeda. Sesekali dia menyapa warga dan melayani masyarakat untuk berfoto. 

"Wah, ramai sekali. Ini dari mana?" tanya Ganjar. 

"Pekalongan, Pak," ujar perempuan-perempuan berikat kepala merah putih. 

"Brebes Pak. Pemalang hadir Pak," teriak yang lainnya. 

Ganjar mengatakan, dirinya senang dapat melihat wajah-wajah bahagia masyarakat. 

"Pesan bahagia menjadi penting di tengah kondisi saat ini. Mereka senang, bahagia. Seperti inilah seharusnya wajah Indonesia," kata Ganjar. 

Di tengah memanasnya suhu politik, lanjut Ganjar, persatuan, kesatuan, dan saling menghormati, baik di dunia nyata maupun virtual seperti di media sosial sekarang ini, sangat penting. 

"Harapannya setelah acara ini semua masyarakat dapat menunjukkan toleransi yang tinggi, yang tulus sehingga kalau kita berbeda pilihan baik dalam legislatif, pilpres, ya biasa saja, ndak papa. Jangan sampai bermusuhan, ya kira-kira gunakanlah kata-kata yang baik," ucap Ganjar. 

Ganjar juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial. 

"Hati-hati dengan jarimu. Jarimu sekarang bisa menjadi harimaumu. Jaga tutur kata yang baik agar tidak menyakiti hati saudara-saudara kita," katanya. 

Selain masyarakat, sejumlah tokoh yang hadir untuk mengisi orasi pada "Apel Kebangsaan Kita Merah Putih" antara lain KH Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi). 

Acara juga dimeriahkan sejumlah artis nasional, yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. Sementara itu, di Panggung Pahlawan diramaikan oleh Nella Kharisma, Jalan Ahmad Yani diramaikan Virzha, panggung Pandanaran oleh Armada, sedangkan panggung utama oleh Letto, Slank, Vincent, Desta, dan Cak Lontong. 

Warga dari berbagai daerah sudah berdatangan sejak pukul 01.30 WIB menumpang bus maupun mengendarai sepeda motor dalam bentuk rombongan. 

"Kami dari Kenjeran, Surabaya, jam 23.30 WIB. Ada enam mobil," kata Andy Firmansyah, yang datang untuk menonton Slank. 

Sementara itu, Jumhadi (54), warga Tretep, Temanggungm, mengaku hadir sebagai bentuk partisipasi mendukung Indonesia yang damai.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Kompas.com
Sumber : Kompas.com

TerPopuler