LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA

LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA

Senin, 28 Januari 2019, 23.52

TribuneID - LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA atau biasa disingkat LPP AIKA merupakan Lembaga Pusat Pengembangan yang bertugas menghimpun segala informasi sekaligus melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. UHAMKA sendiri merupakan sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang dibangun dengan misi pendidikan yang berlandaskan nilai keislaman.

Dengan mengacu pada misi tersebut, PTM yang satu ini selalu menerapkan segala prinsip pendidikan, pengajaran, pengembangan pengetahuan, penelitian hingga pengabdian kepada masyarakat sesuai ketentuan yang dibenarkan syariat. Keseriusan perguruan tinggi UHAMKA untuk menerapkan caturdharma PTM berdasarkan nilai keislaman ini juga dibuktikan langsung dengan dibuatnya sebuah lembaga khusus yang siap menghimpun segala informasi dan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif guna mengembangkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA namanya.

Lembaga Pusat Pengembangan UHAMKA ini menjadikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai suatu mata kuliah yang bersifat wajib sehingga harus diikuti oleh semua mahasiswa yang menempuh pendidikan pada PTM. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan mendakwahkan segala hal yang bersifat islamiyah kepada para mahasiswa. Mungkin akan terdapat beberapa perbedaan pada setiap PTM mengenai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, akan tetapi dasar utama dari setiap pengajaran tersebut selalu meliputi kajian tentang peribadahan, akidah akhlak, muamalah, pengajaran terkait disiplin ilmu dalam Islam dan pendidikan agama.

Keberadaan LPP AIKA tentunya berperan sebagai pendorong dan pengawas pengajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga bisa diterapkan seoptimal mungkin. Sangat banyak kegiatan positif yang dilakukan untuk membuat mahasiswa lebih mudah mendalami Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Beberapa diantaranya yang konsisten dilaksanakan para mahasiswa ialah seperti kegiatan diskusi, pendalaman materi, pertemuan dan lainnya. Hasil dari pendalaman terkait suatu kajian yang telah diadakan kemudian akan dibuat menjadi kumpulan artikel sekaligus akan dibukukan. Semakin  menarik karena pendalaman nilai agama juga diperkuat dengan diadakannya pengajian bersama mahasiswa oleh LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA. Diharapkan dengan adanya pendalaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan tersebut bisa membantu mengembangkan sekaligus memperkuat nilai keislaman dalam dunia pendidikan, terkhususnya pendidikan di lingkungan PTM.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : aika.uhamka.ac.id

TerPopuler